Kamis, 16 Desember 2010

Organisasi Sistem Komputer


Organisasi Sistem Komputer
Adalah sebuah  sistem  komputer  yang  berkaitan  dengan  unit-unit  operasional  dan  interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural. 

Computer pada dasarnya terdiri atas perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).
1.    Software
Perangkat lunak computer yang instruksi-instruksinya dilakukan oleh system.
Contoh: windows.
Klasifikasi perangkat lunak:
2.    System software
-          Operating system: mengoperasikan computer serta menyediakan interface dengan perangkat lunak lainnya atau dengan pengguna.
Contoh: MS DOS, Linux, MS Windows
-          System utility: perangkat pemeliharaan computer. Contoh: antivirus
-          Programming languages: software untuk pembuatan atau pengembangan software lainnya
3.    Application software
-          Custom-made software: program yang dikembangkan ujntuk memenuhi kebutuhan spesifik.
Contoh: aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, dll.
-          Commercial software: wordprocessor, desktop  publishing, spreadsheet, database management system, graphic software.
4.    Hardware
Perangkat keras yang berfungsi untuk memproses data dengan melaksanakan instruksi, serta menyediakan input/output.
Contoh: CPU, monitor, keyboard, mouse, dll.
5.    Input device
Adalah perangkata keras computer yang berfiungsi sebagai alat untuk memasukkan data atau perintah ke dalam computer.
Contoh: keyboard, scanner, mouse, joystick, webcam, dll.
6.    Output device
Adalah perangkata keras computer yang yang berfungsi untuk menampilkan keluaran hasil pengolahan data. Keluaran dpat berupa hardcopy (dicetak dalam kertas), softcopy (ke maonitor), ataupun berupa suara.
Contoh: printer, monitor, speaker, dll.
7.    I/O ports
Digunakan untuk menerima atau mengirim data ke luar system. Peralatan input/output di atas terhubung melalui ports ini.
8.    Central Processing Unit
Adalah otak system computer, tempat pemroses instruksi-instruksi program . CPU memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: Arithmatic Logic Unit (ALU), Control Unit (CU) dan Register.

·         ALU
-          Melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program.
-          Melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program

·         CU
-          Mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada dalam system computer.
-          Mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output.
-          Mengartikan instruksi-instruksi dari program computer.
·         Register
Adalah jembatan antara memory dengan CPU

9.    Memory
Adalah tempat untuk penyimpanan data, terdiri dari internal memory dan eksternal memory.
Internal memory berupa RAM dan ROM. RAM (Random Access Memory) adalah tempat penyimpanan sementara, sedangkan ROM (Read Only Memory) adalah tempat penyimpanan yang bersifat permanen.
10.  Data bus
Adalah jalur-jalur perpindahan antar modul dalam system computer.
11.  Address bus
Adalah bus yang digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data.
12.  Control bus
Adalah bus yang digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke data bus dan address bus.

Cara Kerja Komputer




Cara kerja komputer dapat kita gambarkan sebagai berikut
1. Input Device, adalah perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse, joystick dan lain-lain.
2. Prosesor, adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Prosesor terdiri dari dua bagian utama, yaitu ;
• Control Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device.
• Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika (perbandingan).
3. Memori adalah media penyimpan data pada komputer.
Memori terbagi atas dua macam, yaitu ;
• Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. 

Tapi pada saat sekarang ini ROM telah mengalami perkembangan dan banyak macamnya, diantaranya :
- PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang bisa kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi diprogram.
- RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi PROM dimana kita dapat melakukan perubahan berulangkali sesuai dengan yang diinginkan.
- EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yangdapat kita hapus dan program kembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.
- EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita dapat mengubahdan menghapus program ROM dengan menggunakan teknikelektrik. EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan saat ini.

• Random Access Memori (RAM), dari namanya kita dapat artikan bahwa RAM adalah memori yang dapat diakses secara random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan dari RAM ini adalah mempercepat pemroses data pada komputer. Agar data yang kita buat tidak dapat hilang pada saat komputer dimatikan, maka diperlukan media penyimpanan eksternal, seperti Disket, Harddisk, flash disk, PCMCIA card dan lain-lain.

4. Output Device, adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara. Contohnya printer, speaker, plotter, monitor dan banyak yang lainnya. Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa prinsip kerja komputer tersebut diawali memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.

Arsitektur komputer



Abstraksi dari sebuah arsitektur komputer dan hubungannya dengan bagian perangkat keras, firmware, assembler, kernel, sistem operasi, dan perangkat lunak aplikasinya
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar